- Details
- Written by: Benny B. A.
- Category: Layanan Publik
- Hits: 3582
- Format Gugatan
Format Dokumen Gugatan
- Format Surat Kuasa
Contoh Format Surat Kuasa Penggugat (Badan Hukum)
Contoh Format Surat Kuasa Penggugat (Perorangan)
Contoh Format Surat Kuasa Tergugat
Contoh Format Surat Kuasa Tergugat (Pihak Ketiga)
- Pamflet Brosur
e-Litigasi(Klik gambar di bawah ini untuk melihat brosur) |
Tanda Tangan Elektronik(Klik gambar di bawah ini untuk melihat brosur) |
Profil PTUN Samarinda(Klik gambar di bawah ini untuk melihat brosur) |
POSBAKUM(Klik gambar di bawah ini untuk melihat brosur) |
- Buku Panduan
Buku Panduan e-Court bagi Advokat
Buku Panduan e-Court bagi Non Advokat
Ruang Laktasi
- Video Sosialisasi Layanan
Prosedur Berperkara di PTUN |
Layanan Permohonan Informasi |
Prosedur Pendaftaran Perkara |
Pelayanan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat |
- Details
- Written by: Benny B. A.
- Category: Layanan Publik
- Hits: 4261
Persyaratan
Perorangan/Badam Hukum/Kelompok Orang Indonesia:
- Surat Permohonan Informasi;
- KTP/Suket; atau
- Melampirkan Akta Pendirian dan Perubahan (Badan hukum); dan
- Surat Kuasa Khusus (Kelompok Orang)
Perorangan/Badam Hukum/Kelompok Orang Indonesia:
- KTP/Izin Tinggal Sementara;
- Paspor;
- Akta Pendirian Badan Usaha Penanaman Modal Asing berbentuk Perseroan;
- Dokumen pendukung kepentingan terhadap informasi yang dimohonkan.
- Prosedur
Melalui PTSP PTUN Samarinda
Pemohon dapat datang langsung ke Meja Informasi dan Pengaduan di PTSP PTUN Samarinda;
- Mengisi form permohonan informasi;
- Memberikan surat permohonan informasi beserta fotokopi identitas diri;
- Pemohon akan dihubungi oleh petugas apabila Permohonan telah selesai diproses
Melalui Laman LAMIN ETAM (Daring)
- Pihak Pemohon mengakses laman https://laminetam.ptun-samarinda.go.id/
- Pemohon mengisi form yang ada sesuai dengan data yang sebenarnya;
- Pada halaman yang sama pemohon mengupload data-data yang menjadi persyaratan dengan format file PDF;
- Apabila telah terverifikasi oleh petugas layanan informasi maka akan diberitahukan melalui email atau nomor whatsapp yang telah pemohon input
Waktu Penyelesaian
Layanan dimulai ketika Pemohon Informasi menyampaikan permohonan kepada Petugas Meja Informasi, baik melalui PTSP maupun secara daring melalui Laman Web LAMIN ETAM. Petugas kemudian memberikan formulir permohonan informasi untuk diisi oleh Pemohon dan selanjutnya diserahkan kepada PPID. PPID melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dimohonkan, dengan jangka waktu paling singkat 1 (satu) hari dan paling lama 7 (tujuh) hari. Setelah proses tersebut, informasi akan diberikan kepada Pemohon. Apabila Pemohon merasa informasi yang diterima tidak sesuai dengan yang dimohonkan, maka Pemohon berhak mengajukan keberatan kepada Atasan PPID. Proses pemeriksaan ulang atas keberatan tersebut dilakukan dalam jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari.
Biaya/Tarif
Pemohon informasi diberikan pilihan mengenai bentuk penyerahan informasi, yaitu:
- Softcopy (dokumen elektronik) — disampaikan tanpa dikenakan biaya alias gratis, sesuai ketentuan SK KMA Nomor 2-144/KMA/SK/VIII/2022.
- Hardcopy (dokumen cetak/fotokopi) — dikenakan biaya penggandaan sebesar Rp 500 per lembar, seperti yang diatur dalam SK yang sama. Selain itu, biaya amplop dan biaya pengiriman dapat dikenakan sesuai ketentuan terbaru jika diperlukan.
Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) PTUN Samarinda
Prosedur Permohonan Informasi
Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 2-144 Tahun 2022 Tentang Standar Pelayanan Informasi Publik di Pengadilan.
- Bagan Persyaratan Pengajuan Permohonan Informasi
- Bagan Prosedur Permintaan Informasi
- Permohonan Layanan Informasi
Formulir Permohonan Layanan Informasi
Formulir Permohonan Layanan Informasi melalui Aplikasi Lamin Etam (PTSP Online)
- Prosedur Keberatan
- Alasan Pengajuan Keberatan Atas Permohonan Informasi
- Pernyataan Keberatan Atas Layanan Informasi
Pernyataan Keberatan Atas Pelayanan Informasi melalui Google Form
atau
Dengan mengunduh formulir di bawah ini, setelah diisi kemudian dapat dikirimkan ke email
- Details
- Written by: Benny B. A.
- Category: Layanan Publik
- Hits: 3467
Pertanyaan dapat disampaikan melalui Asisten Digital PTUN Samarinda (DITA)
- Details
- Written by: Benny B. A.
- Category: Layanan Publik
- Hits: 4719
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda
TAHUN 2025
Keputusan Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi PTUN Samarinda Nomor 1 Tahun 2025
A. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala oleh Pengadilan
No |
Nama Informasi |
Unit Kerja Yang Menyediakan Informasi |
Penanggung jawab Informasi |
Waktu dan Tempat Pembuatan |
Bentuk Informasi Yang Tersedia |
Jangka Waktu Penyimpanan/ Retensi |
|
Aktif |
Inaktif |
||||||
1 |
Informasi Profil dan Pelayanan Dasar Pengadilan |
||||||
1.a. |
Profil Pengadilan |
||||||
|
Tugas, Fungsi, dan Yurisdiksi Pengadilan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
5 Tahun |
|
|
Struktur Organisasi Pengadilan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Juli 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy |
Tentatif (setiap ada promosi dan mutasi) |
|
|
Alamat, Telpon, Faksimili, Situs Resmi Pengadilan |
Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan |
Kepala Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy |
5 Tahun |
|
|
Profil Singkat Pimpinan Pengadilan Tahun 2022 |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy |
1 Tahun |
|
|
Daftar Nama Pejabat dan Hakim di Pengadilan Tahun 2022 |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
Tentatif (setiap ada promosi dan mutasi) |
|
|
Lembar Pengumuman LHKPN dari KPK Tahun 2021 |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
April 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
1.b. |
Prosedur Beracara untuk setiap perkara |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
1.c. |
Biaya terkait proses penyelesaian perkara serta seluruh biaya hak-hak kepaniteraan lain sesuai dengan kewenangan, tugas dan kewajiban pengadilan |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
1.d. |
Agenda Sidang |
Panitera Pengganti |
Panitera |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2 |
Informasi Berkaitan dengan Hak Masyarakat |
||||||
2.a. |
Hak para pihak yang berhubungan dengan peradilan seperti hak mendapat bantuan hukum, hak atas pembebasan biaya perkara, serta hak-hak pokok dalam proses persidangan |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy |
1 Tahun |
|
2.b. |
Tata Cara Pengaduan dugaan Pelanggaran yang dilakukan Hakim dan aparatur Pengadilan secara manual maupun elektronik |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2.c. |
Hak Pelapor dugaan pelanggaran hakim dan aparatur pengadilan |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2.d. |
Tata Cara memperoleh pelayanan informasi , tata cara mengajukan keberatan terhadap pelayanan informasi, serta nama dan nomor kontak layanan informasi |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2.e. |
Hak Pemohon Informasi dalam Pelayanan Informasi |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2.f. |
Biaya Perolehan Salinan informasi |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3 |
Informasi Program Kerja, Kegiatan, Keuangan dan Kinerja Pengadilan |
||||||
3.a. |
Ringkasan Informasi tentang Program dan Kegiatan yang dijalankan Pengadilan |
Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3.b. |
Ringkasan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) |
Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
|
Kepala Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
|
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3.c. |
Ringkasan Laporan Keuangan |
||||||
|
Rencana dan Laporan realisasi anggaran |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Neraca Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3.d. |
Ringkasan Daftar Aset dan Invetarisasi |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3.e. |
Informasi tentang Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan |
Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
|
Kepala Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
|
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
4 |
Informasi Laporan Akses Informasi |
||||||
|
Jumlah Permohonan Informasi yang diterima |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap permohonan informasi |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Jumlah Permohonan Informasi yang dikabulkan baik Sebagian atau seluruhnya dan permohonan informasi yang ditolak |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Alasan Penolakan Permohonan Informasi |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
5. |
Informasi tentang Prosedur peringatan dini dan prosedur evakuasi keadaan darurat |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
B. Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta
No |
Nama Informasi |
Unit Kerja Yang Menyediakan Informasi |
Penanggung jawab Informasi |
Waktu dan Tempat Pembuatan |
Bentuk Informasi Yang Tersedia |
Jangka Waktu Penyimpanan/ Retensi |
|
Aktif |
Inaktif |
||||||
1. |
Informasi rencana pemeliharaan dan atau gangguan sarana dan prasarana utilitas publik |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2. |
Informasi gangguan keamanan yang sedang terjadi |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3. |
Informasi tentang Persebaran dan Sumber Penyakit yang berpotensi menular |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy |
1 Tahun |
|
C. Informasi yang wajib tersedia setiap saat
No |
Nama Informasi |
Unit Kerja Yang Menyediakan Informasi |
Penanggung jawab Informasi |
Waktu dan Tempat Pembuatan |
Bentuk Informasi Yang Tersedia |
Jangka Waktu Penyimpanan/ Retensi |
|
Aktif |
Inaktif |
||||||
1. |
Umum |
||||||
|
Informasi lengkap termasuk dalam kategori informasi yang wajib diumumkan secara berkala oleh Pengadilan |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
2. |
Informasi tentang Perkara |
|
|
|
|
|
|
|
Informasi dalam Register Perkara |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Data Statistik perkara antara lain: jumlah dan jenis perkara |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Tahapan suatu perkara dalam proses penanganan perkara |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Laporan Penggunaan biaya perkara |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Seluruh putusan dan penetapan pengadilan, baik yang telah maupun yang belum berkekuataan hukum tetap |
Kepaniteraan Perkara
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Perkara
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Naskah cetak dari putusan/ penetapan pengadilan tidak dapat diberikan apabila sudah tersedia dalam SIP |
Kepaniteraan Perkara
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Perkara
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
3. |
Informasi tentang Pengawasan dan Pendisiplinan |
||||||
|
Jumlah , Jenis dan gambaran umum pelanggaran yang ditemukan pengawas atau yang dilaporkan oleh masyarakat serta tindaklanjutnya. |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Langkah yang tengah dilakukan Pengadilan dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran yang dilakukan hakim atau aparatur pengadilan yang telah diketahui publik |
Kepaniteraan Hukum |
Panitera Muda Hukum |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Jumlah hakim atau aparatur peradilan yang dijatuhi hukuman disiplin beserta jenis pelanggaran dan jenis hukuman disiplin yang dijatuhkan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Inisial nama dan unit/ satuan kerja hakim atau aparatur pengadilan yang dijatuhi hukuman disiplin, jenis pelanggaran dan bentuk hukuman disiplin yang dijatuhkan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
4. |
Informasi tentang Peraturan, kebijakan dan hasil penelitian |
||||||
|
Peraturan Mahkamah Agung , Keputusan Ketua Mahkamah Agung, Keputusan Wakil Ketua Mahkamah Agung dan Surat Edaran Mahkamah Agung yang telah disahkan atau ditetapkan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Naskah seluruh Peraturan Mahkamah Agung, Keputusan Ketua Mahkamah Agung dan Surat Edaran Mahkamah Agung yang telah disahkan atau ditetapkan yang mengikat dan berdampak penting bagi publik |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Pertimbangan atau Nasihat hukum yang diberikan Mahkamah Agung sesuai dengan kewenangan dalam peraturan perundang-undangan |
Kepaniteraan Perkara |
Panitera Muda Perkara |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Rencana Strategis dan rencana kerja pengadilan |
Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
|
Kepala Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Daftar serta hasil penelitian yang dilakukan |
Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan
|
Kepala Subbagian Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Informasi dan Kebijakan yang disampaikan oleh pejabat Pengadilan dalam pertemuan yang terbuka untuk umum |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
5. |
Informasi tentang Organisasi, Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan |
||||||
|
Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi, personel, dan keuangan pengadilan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Standar dan Maklumat Pelayanan Pengadilan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Februari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Profil Hakim dan Aparatur Pengadilan yang meliputi: Nama, Riwayat Pekerjaan, Posisi, Riwayat Pendidikan, Penghargaan yang diterima |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Data Statistik kepegawaian yang meliputi, antara lain, jumlah, komposisi dan sebaran hakim dan aparatur pengadilan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Anggaran Pengadilan maupun unit pelaksana teknis serta laporan keuangannya |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Surat Perjanjian yang dibuat Pengadilan dengan Pihak ketiga berikut dokumen pendukungnya |
Subbagian Umum dan Keuangan |
Kepala Subbagian Umum dan Keuangan |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Surat menyurat pimpinan atau pejabat pengadilan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya kecuali yang bersifat rahasia |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
|
Agenda Kerja Pimpinan Pengadilan |
Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Kepala Subbagian Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana |
Januari 2025/ PTUN Samarinda |
Softcopy, Hardcopy |
1 Tahun |
|
*Format berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 2-144 Tahun 2022
- Details
- Written by: Benny B. A.
- Category: Layanan Publik
- Hits: 3422
Prosedur Peringatan Dini dan Keadaan Darurat adalah Tata Cara dalam mengantisipasi keadaan darurat. Adapun prosedur darurat yang ada di Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda adalah sebagai berikut :
A. Apabila anda melihat keadaan tanda bahaya
-
- Tetap tenang;
- Bunyikan alat tanda bahaya/bel/alarm;
- Hubungi nomor telpon keadaan darurat.
I. PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP KEBAKARAN
- Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik.
- Petugas Tanggap Darurat Lantai memadamkan sumber api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
- Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya kebakaran kepada:
- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Alam Kota Samarinda
- Petugas Pelayanan Kesehatan
- Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai.
- Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.
- Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung.
II. PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP GEMPA BUMI
- Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik.
- Petugas Tanggap Darurat Lantai mengumpulkan Massa (Penghuni gedung).
- Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya gempa bumi kepada:
- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Samarinda; dan
- Petugas Pelayanan Kesehatan.
- Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai atau tempat yang aman dari gempa.
- Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.
- Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung.
JANGAN BERLINDUNG DIBAWAH TANGGA DAN JAUHI AREA TANGGA!
A. Apabila anda mengalami keadaan darurat, maka :
SEGERA |
: |
Hentikan pekerjaan dan tinggalkan gedung ketika diketahui/didengar terdapat tanda bahaya atau ketika anda diminta untuk melakukannya; |
HINDARI |
: |
Kepanikan |
IKUTI |
: |
Instruksi dan bekerjasamalah dengan mereka yang bertanggungjawab atas keadaan darurat |
MATIKAN |
: |
Semua peralatan kerja terutama listrik dan tutup laci meja |
JANGAN |
: |
Menunda untuk segera meninggalkan gedung dengan mencari barang-barang pribadi dan/atau orang lain |
PERGI |
: |
Ke daerah terbuka yang cukup jauh dari gedung dan jangan menghalangi petugas dan peralatan mereka |
JANGAN |
: |
Masuk kembali ke dalam gedung sampai ada instruksi dari atasan, petugas atau pihak yang berwenang akan hal tersebut |
Kita tidak pernah menginginkan musibah terjadi, namun paling tidak jika kita memahami prosedur peringatan dini dan keadaan darurat maka kita bisa mengambil langkah-langkah dan keputusan yang tepat sesuai prosedur jika suatu saat terjadi keadaan darurat seperti kebakaran dan gempa bumi