Rabu, 12 Mei 2021
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

Kreativitas TI di Pengadilan - Pelatihan Basic Motion Graphic with Adobe After Effect

 

Samarinda – Humas. Pada hari Senin s.d Jumat, Tanggal 1 s.d 5 Februari 2021, Untuk menunjang dan mengembangkan kreativitas Teknologi Informasi di Pengadilan, Pusdiklat Manajemen Kepemimpinan Badan Penelitan dan Pengembangan Pendidikan dan Latihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan International Design School (IDS) menyelenggarakan Pelatihan Basic Motion Graphic with Adobe After Effect secara daring. Pelatihan tersebut diikuti oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI, dan Pelaporan, Rahmat Hidayat, S.T., Analis Kepegawaian Ahli Pertama, Renfill. TB, S.Sos., dan PPNPN yang membantu pengelolaan TI, Benny Bakhtiar Anwar, S.T.

Mentor Pelatihan Basic Motion Graphic with Adobe After Effect, yaitu Hafiz Maha, beliau mengenalkan mengenai pengertian Motion Graphic atau grafis gerak, tools  yang digunakan untuk membuat Motion Graphic, dan membuat/mendesain Motion Graphic menggunakan aplikasi Adobe After Effect. Motion Graphic adalah  serangkaian desain berbasis media visual yang didalamnya terdapat berbagai macam komponen grafis, seperti ilustrasi, fotografi, dan juga tipografi dengan efek visual dan suara tertentu. Software Adobe After Effect adalah perangkat lunak pengolah efek visual secara dijital, motion graphic, dan digunakan dalam proses post-production pada pembuatan film, video games, dan produksi televisi.

 

Selama 5 (lima) hari, peserta dilatih membuat motion graphic, dari memulai sebuah project, mengenal tools yang ada pada Adobe After Effect, import data, masking object, , mengkomposisi layer, membuat text animation, logo animation, hingga mampu membuat infographis bergerak. Diharapkan dengan pelatihan Basic Motion Graphic with Adobe After Effect dapat menambah pengetahuan dan kreativitas teknologi informasi yang dapat diterapkan di Pengadilan. (ptip-red)