Sabtu, 19 Oktober 2019
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

Senin, 30 September 2019

Pada hari Senin, tanggal 30 September 2019 pukul 10.00 WITA, telah dilaksanakan rapat bulanan periode September 2019. Bertempat di ruang Sidang Utama Kantor PTUN Samarinda. Rapat dibuka oleh Sekretaris PTUN Samarinda, Epi Randabunga Rungngu, S.E., dipimpin oleh Ketua PTUN Samarinda, Bonnyarti Kala Lande, S.H., M.H. dan didampingi oleh Panitera Muda Perkara PTUN Samarinda, Winarji Dian Kenedi, S.H.

 

Ketua PTUN Samarinda menyampaikan rapat bulanan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap bulan, karena banyaknya kegiatan seperti pengawasan PT.TUN Jakarta, Sidang Pemeriksaan Setempat dan lain sebagainya, sehingga pelaksanaan rapat bulanan baru dapat dilakukan pada akhir September   

          

Ketua PTUN Samarinda kembali mengingatkan mengenai Perma No. 7, 8, 9 Tahun 2016 tentang Pengawasan, Pembinaan, Penegakan Disiplin Kerja dan Penanganan Pengaduan, agar dapat selalu diterapkan dalam menjalankan tugas sebagai Hakim dan Aparatur Negara, dan menyampaikan agar selalu bekerja sepenuh hati.

 

Beliau juga mengingatkan mengenai kebersihan dan keindahan agar selalu dijaga. Tidak lupa keamanan Kantor juga tak luput dari pengawasan beliau. Setelah itu beliau mempersilahkan kepada Pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan untuk menyampaikan laporan serta kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Rapat bulanan ini menjadi sarana dalam penyampaian permasalahan-permasalahan untuk menemukan solusi.

 

Klik Untuk Melihat Foto Galeri