Sabtu, 19 Oktober 2019
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

 

Senin, 23 September 2019

 

Dalam Rangka Perayaan HUT Ke-17 Dharmayukti Karini Cabang Samarinda, pada hari jumat, tanggal 20 September 2019 bertempat di Pengadilan Negeri Samarinda diselenggarakan Pertandingan Olah raga yang diikuti oleh Dharmayukti Karini Pengadilan Agama Samarinda, Dharmayukti Karini Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda dan Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Samarinda.

Acara diawali dengan Apel Pagi bersama yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Samarinda, Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. Dalam sambutannya Wakil Ketua Pengadilan Negeri Samarinda, mengharapkan kepada seluruh anggota Dharmayukti Karini Cabang Samarinda agar dapat menjadi sosok pendamping yang tangguh dan setia mendampingi keluarga, mengingat tugas dan tanggung jawab sebagai Hakim dan Pegawai Pengadilan sangatlah besar.

 

Pembukaan Pertandingan Olahraga dalam Rangka Perayaan HUT Ke-17 Dharmayukti Karini Cabang Samarinda ditandai dengan pemukulan bola voli oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Samarinda, Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum.

 

Perayaan HUT Ke-17 Dharmayukti Karini Cabang Samarinda diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya Bola Voli dan Tenis Meja. Puncak Acara akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 dengan agenda perlombaan Paduan Suara dan penyerahan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) Dharmayukti Karini Cabang Samarinda.