Minggu, 17 November 2019
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

 

Samarinda, 16 Mei 2019

Dalam rangka menjaga kebersamaan dan kekeluargaan serta memperkuat ukhuwah islamiyah dan whatoniah antar pegawai, Keluarga Besar Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menyelenggarakan Acara Buka Puasa Bersama, pada hari Rabu, tanggal 15 Mei 2019. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pejabat Struktural/Fungsional, dan seluruh Pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda beserta keluarga, dan mengundang Anak-Anak Panti Asuhan Al – Ma’un Samarinda Seberang serta jamaah Mushola Al-Hakam PTUN Samarinda.

Bertempat di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, acara ini dimulai dan diawali dengan pembacaan Al-Qur’an. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Ibu Bonnyarti Kala Lande, S.H., M.H. menyampaikan bahwa acara buka puasa bersama ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan, dan sudah menjadi tradisi bagi Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.

Acara selanjutnya diisi dengan tausiah agama oleh Ustad Aspian Noor, S.Ag. Beliau mengingatkan kita untuk dapat berlomba-lomba berbuat kebaikan terutama di bulan suci Ramadhan ini. Beliau juga berpesan, bahwa kita harus mampu menahan diri, tidak mudah tersulut emosi, santun dalam bersikap dan tutur kata, menyebarkan kebaikan dan bukan sebaliknya, terlebih saat ini banyak berita yang diragukan kebenarannya (hoax).

Usai tausiah agama, acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan dan santunan kepada anak-anak panti asuhan Al – Ma’un Samarinda Seberang oleh Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.

Sebelum waktu berbuka tiba, para jamaah membaca istigfar dan doa bersama dipimpin oleh Ustad Aspian Noor, S.Ag. Selepas berbuka, acara dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaan dan makan malam bersama kemudian diakhiri dengan sholat isya dan tarawih berjamaah.

 

Klik untuk melihat Foto Galeri