Selasa, 23 Oktober 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

 

Samarinda, 01 Agustus 2018. Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak H. Satibi Hidayat Umar, S.H., mengambil Sumpah Jabatan dan melantik saudara Rahmat Hidayat, S.T. sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda. Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 316/SEK/Kp.1/VII/2018 tanggal 16 Juli 2018 tentang Promosi dan Mutasi Pejabat Struktural Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung.

 

Lihat foto di Galeri

Pengambilan Sumpah Jabatan didampingi oleh Rohaniwan Bapak Juraid, S.Ag., M.H. dari Kantor Kementrian Agama Kota Samarinda, dengan saksi Bapak Slamet dan Bapak Winarji Dian Kenedi, S.H.

 

Rahmat Hidayat, S.T. dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan mengisi kekosongan jabatan eselon IV yang telah kosong sejak pejabat sebelumnya, Ibu Epi Randabunga Rungngu, S.E. dilantik sebagai Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda pada tanggal 22 Desember 2017.

 

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak H. Satibi Hidayat Umar, S.H. menyampaikan harapan agar Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan dapat bersinergi dan saling mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi baik pada Kesekretariatan, Kepaniteraan maupun Hakim. Sebagaimana tugas dan fungsi Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan yaitu pelaksanaan penyelenggaraan perencanaan anggaran, penyelenggaraan teknologi informasi pengadilan, dan dokumentasi serta penyusunan laporan yang akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

Berkut profil lengkap beliau :

 

Nama                                    : Rahmat Hidayat, S.T.

Nip                                        : 19840827 201101 1012

Jabatan                                 : Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan

Pangkat/Gol. Ruang         : Penata Muda Tk. I (III/b)

Tempat / tanggal lahir    : Palembang, 27 Agustus 1984

Pendidikan terakhir         : S1-Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Riwayat Pekerjaan           :

-        Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan PTUN Samarinda – 01 Agustus 2018 s/d sekarang

-        Staf Sub Bagian Umum dan Keuangan PTUN Samarinda – 22 Desember 2015 s/d 31 Juli 2018

-        PNS/Staf Sub Bagian Umum PTUN Samarinda – 01 Oktober 2012 s/d 21 Desember 2015

-     CPNS PTUN Samarinda – 01 Januari 2011 s/d 30 September 2012