Sabtu, 22 September 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

Samarinda, 23 Mei 2018. Dalam rangka menjaga kebersamaan dan kekeluargaan serta memperkuat ukhuwah islamiyah dan whatoniah antar pegawai, Keluarga Besar Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menyelenggarakan Acara Buka Bersama. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pejabat Struktural/Fungsional, dan seluruh Pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda beserta keluarga. Acara ini juga mengundang Anak-Anak Panti Asuhan Al – Ma’un Samarinda Seberang.

 

Bertempat di Ruang Sidang II Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, acara dimulai pada pukul 16.00 WITA. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak H. Satibi Hidayat Umar, S.H., menyampaikan bahwa acara buka puasa bersama anak-anak panti asuhan ini merupakan suatu tradisi yang baik dan harus terus dilaksanakan seta dipertahankan. Acara dilanjutkan dengan tausiah agama oleh Ustad Muh. Sya’roni, S.Pd.I., S.H. hingga mendekati waktu berbuka.

 

Pada kesempatan ini, Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda melakukan pemberian santunan kepada Anak-Anak Panti Asuhan Al –Ma’un Samarinda Seberang, diwakili oleh Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak Didi Sunardi, S.H. Selepas itu dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama dan Sholat Magrib Berjamaah. Acara ini diakhiri dengan kegiatan Sholat Isya’ dan Tarawih berjamaah.

foto gallery