Selasa, 23 Juli 2019

 

Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

(Jika ingin melihat detail perkara lama dan baru, silahkan bisa dilakukan pencarian di 

sipp.ptun-samarinda.go.id)

5 Juli 2019

[Rencana Kerja dan Anggaran]

Laporan Realisasi PNBP Juni

Laporan Realisasi Anggaran Juni

Laporan Realisasi Posbakum

[Laporan Pelayanan Informasi]

Laporan Pelayanan Informasi Juni

[Laporan Biaya Perkara]

Laporan Akuntabilitas Biaya Perkara Juni

Penelusuran Cepat Putusan-putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda di database Mahkamah Agung.

Kunjungi

Pos Bantuan Hukum Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda adalah ruang yang disediakan oleh dan pada Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda bagi pemberi layanan bantuan hukum guna memberikan layanan bantuan hukum kepada Pemohon Bantuan Hukum.

Kunjungi

Prosedur Pendaftaran Perkara di Pengadilan Tata Usaha Negara.

Kunjungi

Statistik Data Perkara Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.

Kunjungi

Prosedur Tatacara Pelayanan Penanganan Pengaduan Masyarakat/Publik.

Kunjungi

We have 31 guests and no members online

Informasi Publik

Daftar Informasi Publik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1-144/KMA/SK/I/2011,05 Januari 2011.

Lebih Lanjut

Index Berita

Artikel berita yang bersumber dari Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun MA RI, Pengumuman, dan Berita Kegiatan PTUN Samarinda.

Lebih Lanjut

 

Jadwal Sidang

Jadwal Persidangan Perkara Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda yang sedang berjalan di tingkat pertama.

Lebih Lanjut

Penelusuran Perkara

Terintegrasi dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) pada Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.

Lebih Lanjut

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

  Jakarta-Humas, Selasa, 16 Juli 2019. Surat keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 240/SEK/SK/III/2019 tentang Tim Advokasi Unit Kerja Pengadaan barang /Jasa Mahkamah Agung Republik...
Silahkan klik pada tautan dibawah untuk mengunduh dokumen Pemberitahuan : Hukuman Disiplin Periode Juni 2019   Sumber (
  Dalam rangka melaksanakan kegiatan DIPA Ditjen Badilmiltun Tahun Anggaran 2019, diharapkan kehadiran Panitera Muda Perkara pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara / Pengadilan Tata Usaha Negara dan...
  Jakarta - Humas : Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 1076/SEK/OT.01.2/7/2019 tanggal 9 Juli 2019 perihal pengingat pelaporan triwulan II TA 2019 pada aplikasi e-monev ver.3...
Samarinda, 8 Juli 2019 Pada hari Jumat, 5 Juli 2019 pukul 08.00 WITA, untuk menjaga kebugaran tubuh ditengah cuaca yang selalu berubah, Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda melaksanakan senam...
More inBerita  Berita Kegiatan  


Survey Kepuasan Layanan Publik

Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang, kami sangat berterima kasih apabila anda berkenan meluangkan waktu untuk mengisi Survey Kepuasan Layanan Publik.

Pelayanan Proses Pendaftaran Perkara Tingkat Pertama, Banding, Kasasi, dan PK

Sistem Pembayaran Biaya Perkara

Pemberian Salinan Putusan

Permohonan Informasi/Layanan Pengaduan dan Fasilitas Informasi yang tersedia

Kebersihan dan kelengkapan fasilitas gedung pengadilan

Kenyamanan dan keamanan masyarakat pencari keadilan di area gedung kantor PTUN Samarinda

 

 

Jakarta - Rabu, 24 April 2019 Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN  pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUNbkembali mengadakan kegiatan Bimtek Bagi Para Panitera dan Petugas E-Court Tahun Anggaran 2019. Acara dibuka oleh ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, SH., MH. (Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara). Pada kesempatan ini, direktur berpesan agar semua satker harus mencoba dan mempraktekan penggunaan aplikasi E-Court. Dengan demikian,satker dapat menemukan masalah atau kendala yang muncul seiring dalam penggunaan aplikasi ini sehingga kedepannya aplikasi e-court akan menjadi semakin lebih baik lagi dalam pengimplementasiannya. "Kalau tidak mencoba maka kita tidak tahu dimana letak masalahnya, jangan menunggu dan hanya terpaku pada norma-norma yang mengikat, silahkan untuk berinovasi dan saling komunikasi juga antar satker ", ucap buk direktur.

 

Dalam bimbingan teknis kali ini materi yang akan diberikan adalah "Sosialisasi Administrasi Persidangan secara elektronik di lingkungan peradilan TUN" dengan narasumber Bapak H. ujang Abdullah, SH., MH. bapak Dr. H. Hari Sugiharto, SH., MH. Dan sdr. Helmi Indra Mahyudin.

 

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 24 April 2019 hingga 26 April 2019 di Hotel Swiss Bellin- Kemayoran. Dengan sosialosasi ini diharapkan para peserta Bimtek dapat belajar dengan baik dan mensosialosasikan kembali di satker masing-masing,sehingga pelaksanaan e-court khususnya di lingkungan peradilan Tata Usaha Negara dapat sesuai dengan harapan. E-Court merupakan jawaban dari persidangan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan merupakan salah satu produk unggulan Mahkamah Agung RI. 

 

Sumber (www.ditjenmiltun.net)