Selasa, 24 April 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

Samarinda – humas, 22 Desember 2017

Pada hari Rabu tanggal 20 Desember 2017, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak Tedi Romyadi, S.H., M.H., mengambil Sumpah Jabatan dan melantik Ibu Epi Randabunga Rungngu, S.E., sebagai Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 207/SEK/KP.1/SK/XI/2017 tanggal 21 November 2017 Tentang Promosi dan Mutasi Pejabat Struktural Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung RI.

 

Ibu Epi Randabunga Rungngu, S.E., dilantik sebagai Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menggantikan Ibu Noorsehan, S.H., yang telah memasuki masa Pensiun per 01 Juni 2017. Pada masa kekosongan jabatan tersebut, Pelaksanaan Tugas Sekretaris diemban oleh Bapak Slamet yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.

 

   

Adapun Rohaniwan yang mengukuhkan Sumpah Jabatan tersebut adalah Bapak Pastor Fransiskus Telaumbanua, SVD, dengan saksi-saksi adalah Bapak Slamet, Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda dan Winarji Dian Kenedi, S.H., Panitera Muda Perkara Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.  

 

Sebelum dilantik menjadi Sekretaris, Ibu Epi Randabunga Rungngu, S.E., menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.  

 

Dengan telah dilantiknya Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Ibu Epi Randabunga Rungngu, S.E., diharapkan mampu memberikan warna dan perubahan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kinerja Kesekretariatan sebagai Unit Pendukung Pengadilan, serta mampu bersinergi dengan Kepaniteraan dan Hakim dalam mencapai Visi Pengadilan yaitu “Terwujudnya Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda yang Agung dan Modern”.

 

Berikut profil singkat beliau :

Nama                                 :  Epi Randabunga Rungngu, S.E.

Tempat/ Tanggal Lahir         :  Makale, 04 Februari 1979

NIP                                    :  19790204 200502 2 001

Pangkat/ Gol. Ruang            :  Penata Tk. I / (III/d)

Jabatan                              :  Sekretaris

Pendidikan Terakhir             :  S-1 Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar

Daftar Riwayat Pekerjaan     : 

-        Sekretaris PTUN Samarinda – 20 Desember 2017 s/d sekarang

-        Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan PTUN Samarinda – 22 Desember 2015 s/d 19 Desember 2017

-        Kepala Sub Bagian Keuangan PTUN Samarinda – 23 Februari 2011 s/d 21 Desember 2015

-        Staf Sub Bagian Keuangan PTUN Samarinda – 29 Oktober 2007 s/d 23 Februari 2011

-        PNS/ Staf PTUN Ambon – 01 Februari 2006 s/d 28 Oktober 2007

-     CPNS PTUN Ambon – 31 Mei 2005 s/d 31 Januari 2006