Selasa, 24 April 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

Samarinda - Humas, 22 Desember 2017

Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menyelenggarakan Syukuran Pindah Tugas Hakim dan Panitera pada hari Jumat tanggal 15 Desember 2017. Acara tersebut merupakan perwujudan dari rasa syukur atas pelaksanaan pekerjaan yang telah diemban selama bertugas pada Pengadian Tata Usaha Negara Samarinda serta memohon doa restu dari Keluarga Besar Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda sebagai bekal dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru.

Acara Syukuran yang dikemas dengan sederhana dan penuh kekeluargaan tersebut ingin menyampaikan pesan bahwa pindah tugas hanyalah serangkaian kegiatan kedinasan, tidak ada perpisahan, silaturrahim akan tetap terus terjaga walaupun sudah tidak lagi bekerja dan bertugas di Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.   

Adapun Hakim yang akan pindah tugas tersebut adalah :

1.      Bapak Tedi Romyadi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Manado;

2.      Bapak Yuliant Prajaghupta, S.H., Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar;

3.      Bapak Effriandy, S.H., Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Medan;

4.      Bapak Trisoko Sugeng Sulistyo, S.H., M.Hum., Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin;

5.      Ibu Maria Fransiska Walintukan, S.H., Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta.

 

Sementara pada Kepaniteraan yaitu :

1.      Bapak Muhammad, S.H., Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung;

2.      Bapak Suwarna, S.H., M.H., Wakil Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda menjadi Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi.

 

Terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini, teruslah berkarya di tempat tugas yang baru.

 Selamat dan Sukses.

Gallery Photo Syukuran Pindah Tugas Hakim dan Panitera