Jumat, 14 Agustus 2020
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

Samarinda, 29 Juni 2020. Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak Edi Firmansyah, S.H., M.H., melepas Bapak Slamet, yang memasuki masa purnabakti. Jabatan terakhir beliau adalah Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda. Acara purnabakti ini dihadiri oleh para Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh Aparatur Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda.

 

Bapak Slamet telah mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil selama kurang lebih 37 Tahun. Beliau menceritakan bagaimana kisah perjalanannya selama mengabdi sebagai ASN, dimulai dari pengangkatan sebagai CPNS di Kantor Wilayah Departemen Kehakiman Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1983 dengan golongan I (b). Pada Tahun 1996 beliau pindah tugas ke Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda sampai dengan sekarang (pensiun). Beliau telah melalui berbagai macam perubahan, pimpinan, baik suka maupun duka.

 

Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, Bapak Edi Firmansyah, S.H., M.H. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas segala pengorbanan dan pengabdian beliau selama bertugas di Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda, dan selamat memasuki masa purnabakti. Semoga selalu dirahmati dan diberkahi oleh Allah SWT, dan semoga selalu diberi nikmat sehat kepada Bapak Slamet dan keluarga.

 

Acara kemudian ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan pemberian cindera mata.

 

Terimakasih Pak Slamet, terimakasih atas semua pengabdian yang telah diberikan dan selamat memasuki masa purnabakti (ptip-red).