Minggu, 20 Mei 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

 DETAIL REGISTER PERKARA

 

No. Perkara

:

20/G/2014/PTUN-SMD

Tanggal Gugatan

:

11 JULI 2014  

Tanggal Pendaftaran Perkara

:

11 JULI 2014

Tanggal Perbaikan Gugatan

 

16 SEPTEMBER 2014

 

 

 

Klasifikasi

:

PERTANAHAN

Acara

:

BIASA

 

 

 

Tgl. Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

21 JULI 2014

Nomor Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

20/PEN/2014/PTUN-SMD

Majelis Hakim

 

 

-  Ketua Majelis

:

ARUM PRATIWI MAYANGSARI, S.H.

-  Hakim Anggota I

:

KUKUH SANTIADI, S.H., M.H.

-  Hakim Anggota II

:

FATMAWATY, S.H.

 

 

 

Panitera Pengganti

:

SURIANSYAH, S.H.

 

 

 

Penggugat

:

Hj. HASMA R.

Kuasa Hukum

:

KUKUH TUGIYONO, S.H.

 

 

 

Tergugat

:

KEPALA BADAN PERTANAHAN KAB. KUTAI KARTANEGARA

Tergugat II Intervensi

:

SATUAN DG. NGALLE, DKK

 

 

 

Obyek Gugatan

:

 

Serifikat Hak Milik No. M. 229 Desa Purwajaya Tanggal 1 Februari 1990. Surat Ukur Tgl. 1 Februari 1990 No. 2821/90 Luas: 29.970 m2

Tahapan Sidang

:

 

- 12/08/2014   PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 19/08/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 26/08/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 02/09/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 09/09/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 16/09/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 30/09/2014  PEMBACAAN GUGATAN DAN JAWABAN

- 07/10/2014  JAWABAN TERGUGAT

- 14/10/2014  REPLIK

- 21/10/2014  DUPLIK

- 28/10/2014  DUPLIK

- 04/11/2014  BUKTI PARA PIHAK

- 11/11/2014  BUKTI PARA PIHAK

- 18/11/2014  BUKTI

- 25/11/2014  JAWABAN T. II INTERVENSI

- 02/12/2014  JAWABAN T. II INTERVENSI

- 09/12/2014  REPLIK

- 16/12/2014  DUPLIK DAN BUKTI PENGGUGAT

- 23/12/2014   DUPLIK DAN BUKTI PENGGUGAT

- 07/01/2015   BUKTI

- 13/01/2015   SAKSI PENGGUGAT DAN BUKTI

- 20/01/2015   SAKSI DAN BUKTI

- 27/01/2015   SAKSI DAN BUKTI

- 03/02/2015   SAKSI T. II INTERVENSI

- 17/02/2015   KESIMPULAN

- 03/03/2015   PUTUSAN  

 

 

 

Tanggal Putusan

:

 03/03/2015

 

 

 

Amar Putusan

:

 

1.     Menyatakan gugatan Penggugat tidak diterima;

2.     Menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp. 813.000,- (delapan ratus tiga belas ribu rupiah);

 

 

 

Upaya Hukum

:

 

Banding

 

 

Permohonan Banding

:

10/03/2015

Akta Permohonan Banding

:

10/03/2015

Relas Permohonan Banding

:

11/03/2015

Memori Banding

:

23/03/2015

Relas Memori Banding

:

24/03/2015

Kontra Memori Banding

:

31/03/2015 (T.II Intervensi)

Relas Kontra Memori Banding

:

01/04/2015

PBT Inzage

:

10/04/2015

Pengiriman Berkas Banding

:

11/05/2015