Senin, 21 Mei 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

 DETAIL REGISTER PERKARA 

 Untuk melihat semua data informasi perkara Klik disini  

No. Perkara

:

54/G/2013/PTUN.SMD

Tanggal Gugatan

:

27 DESEMBER 2013

Tanggal Pendaftaran Perkara

:

27 DESEMBER 2013

Tanggal Perbaikan Gugatan

 

-

 

 

 

Klasifikasi

:

PERTANAHAN

Acara

:

BIASA

 

 

 

Tgl. Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

13/01/2014

Nomor Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

54/PEN/2013/PTUN.SMD

Majelis Hakim

 

 

-  Ketua Majelis

:

FATMAWATI, S.H.

-  Hakim Anggota I

:

M. FERRY IRAWAN, S.H., M.H.

-  Hakim Anggota II

:

KUKUH SANTIADI, S.H., M.H.

 

 

 

Panitera Pengganti

:

WINARJI DIAN KENEDI, S.H.

 

 

 

Penggugat

:

ADJI MUHAMMAD RIDWAN Bin H. ADJI BAMBANG CHATAB, DKK

Kuasa Hukum

:

ABDUL RAHMAN, S.H. & ISMAIL SIMBONG PATADUNGAN, S.H.

 

 

 

Tergugat

:

KEPALA KANTOR PERTANAHAN KOTA BALIKPAPAN

 

 

 

 Tergugat II Intervensi

:

PT. PANCA SURYA ABADI RAYA

 

 

 

Obyek Gugatan

:

 

Sertifikat Hak Guna Bangunan Nomor 467 Tanggal 27 Desember 1996, seluas 2.965 m2 sesuai Gambar Situasi Nomor 3112/96 tanggal 27 Desember 1996 yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan

Tahapan Sidang

:

 

- 23/01/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 30/01/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 13/02/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 20/02/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 24/02/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 03/03/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 13/03/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 20/03/2014  PEMBACAAN GUGATAN

- 03/04/2014  JAWABAN TERGUGAT

- 10/04/2014  REPLIK

- 17/04/2014  REPLIK

- 30/04/2014  DUPLIK / SIKAP MAJELIS

- 08/05/2014  MENERIMA JAWABAN T.II INTV

- 22/05/2014  REPLIK

- 05/06/2014  REPLIK

- 12/06/2014  BUKTI

- 19/06/2014  BUKTI PARA PIHAK

- 26/06/2014  BUKTI

- 03/07/2014  SAKSI PENGGUGAT

- 10/07/2014  SAKSI PENGGUGAT

- 17/07/2014  SAKSI TERGUGAT INTERVENSI

- 23/07/2014  BUKTI

- 14/08/2014  SAKSI PENGGUGAT

- 21/08/2014  KESIMPULAN

- 03/09/2014  PUTUSAN 

 

 

 

Tanggal Putusan

:

 03/09/2013

 

 

 

Amar Putusan

:

 

DALAM EKSEPSI

- Menerima eksepsi Tergugat dan Tergugat II Intervensi;

DALAM POKOK SENGKETA

1. Menyatakan Gugatan Penggugat tidak diterima (Niet Ontvanklijke Verklaard);

2. Menghukum Penggugat untuk membayar biaya yang timbul dalam sengketa ini sebesar Rp. 452.000,- (Empat Ratus Lima Puluh Dua Ribu Rupiah);

 

 

 

Upaya Hukum

:

 

Banding

 

 

Permohonan Banding

:

22/09/2014

Akta Permohonan Banding

:

22/09/2014

Relas Permohonan Banding

:

23/09/2014

Memori Banding

:

03/11/2014

Relas Memori Banding

:

04/11/2014

Kontra Memori Banding

:

20/11/2014

Relas Kontra Memori Banding

:

24/11/2014

Inzage

:

-

Pengiriman Berkas Banding

:

26/11/2014

No Perkara Banding

:

317/B/2014/PT.TUN.JKT

Tanggal Putusan Banding

:

27/01/2015

Relas Putusan Banding

:

24/02/2015

Klik disini untuk melihat Direktori Putusan Tahun 2013