Senin, 21 Mei 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

DETAIL REGISTER PERKARA 

 Untuk melihat semua data informasi perkara Klik disini  

No. Perkara

:

53/G/2013/PTUN.SMD

Tanggal Gugatan

:

24 DESEMBER 2013

Tanggal Pendaftaran Perkara

:

24 DESEMBER 2013

Tanggal Perbaikan Gugatan

 

-

 

 

 

Klasifikasi

:

PERTANAHAN

Acara

:

BIASA

 

 

 

Tgl. Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

13/01/2014

Nomor Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

53/PEN/2013/PTUN.SMD

Majelis Hakim

 

 

-  Ketua Majelis

:

ARUM PRATIWI MAYANGSARI, S.H.

-  Hakim Anggota I

:

ANDI FAHMI AZIS, S.H.

-  Hakim Anggota II

:

IRVAN MAWARDI, S.H.

 

 

 

Panitera Pengganti

:

SURIANSYAH, S.H.

 

 

 

Penggugat

:

SYUKRI, DKK

Kuasa Hukum

:

JUNAIDI, S.H.

 

 

 

Tergugat

:

KEPALA KANTOR PERTANAHAN NASIONAL RI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

 

 

 

Obyek Gugatan

:

 

sertifikat Hak Guna Bangunan No. 1239 terletak di jalan PM. Noor Kel. Sempaja Kec. Samarinda Utara atas nama Pemegang Hak Pt Sarindo Nusa Pertiwi tanggal 21 Mei 1997, Surat Ukur tanggal 7 Agustus 1996 No. 19 A/1996, luas 688.374 m2, sekarang menjadi surat sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) No. 122 yang terletak di jalan PM. Noor RT 39 Sempaja Selatan Kec. Samarinda Utara Kota Samarinda atas nama pemegang Hak PT Sarindo Nusa Pertiwi dengan luas tanah 506.824 m2

Tahapan Sidang

:

 

- 28/01/2014   PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 11/02/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 20/02/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 26/02/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 05/03/2014  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 19/03/2014  PEMBACAAN GUGATAN DAN JAWABAN

- 26/03/2014  JAWABAN TERGUGAT

- 02/04/2014  JAWABAN TERGUGAT

- 16/04/2014  JAWABAN TERGUGAT

- 23/04/2014  JAWABAN TERGUGAT II INTERVENSI

- 30/04/2014  REPLIK

- 07/05/2014  DUPLIK T. II INTV DAN BUKTI PENGGUGAT

- 14/05/2014  BUKTI TAMBAHAN (P) + BUKTI T.II INTV

- 21/05/2014  TAMBAHAN BUKTI

- 28/05/2014  BUKTI

- 04/06/2014  BUKTI TERGUGAT DAN SAKSI PENGGUGAT

- 11/06/2014  TAMBAHAN BUKTI

- 13/06/2014  PEMERIKSAAN SETEMPAT

- 18/06/2014  TAMBAHAN BUKTI DAN SAKSI PENGGUGAT

- 25/06/2014  TAMBAHAN BUKTI DAN SAKSI DARI INTERVENSI

- 02/07/2014  SAKSI T. II INTV DAN BUKTI

- 08/07/2014  KESIMPULAN

- 21/07/2014  SIKAP MAJELIS (PUTUS) 

 

 

 

Tanggal Putusan

:

 21/07/2014

 

 

 

Amar Putusan

:

 

1.     Menyatakan gugatan Para Penggugat tidak dapat diterima.

2.     Menghukum Para Penggugat untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 1.624.500,- (Satu juta enam ratus dua puluh empat ribu lima ratus rupiah).

 

 

 

Upaya Hukum

:

 

Banding

 

 

Permohonan Banding 

23/07/2014

Akta Permohonan Banding 

23/07/2014

Relas Permohonan Banding

:

24/07/2014

Memori Banding

:

 

Relas Memori Banding

:

 

Kontra Memori Banding

:

 

Relas Kontra Memori Banding

:

 

Inzage

:

 

Pengiriman Berkas Banding

:

23/09/2014 

No. Perkara Banding

:

270/B/2014/PT.TUN.JKT 

Tanggal Putusan Banding

:

 

Relas Putusan Banding

:

 

Klik disini untuk melihat Direktori Putusan Tahun 2013