Kamis, 21 Juni 2018
Selamat Datang Di Website Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

A.      KETENTUAN POSBAKUM

1.     Bagi pencari keadilan (orang perorangan atau sekelompok orang) yang tidak mampu berhak memperoleh Bantuan Hukum dengan permohonan dan tanggungan biaya perkara dari negara dengan melampirkan ;

2.     Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Wilayah setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara, atau

3.     Surat Keterangan Tunjangan Sosial seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), atau

4.     Dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.

 

B.      PEMBERIAN LAYANAN POSBAKUM

1.     Pemohon mengajukan permohonan kepada Posbakum Pengadilan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan.

2.     Petugas Posbakum memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen persyaratan. Jika tidak lengkap, mengembalikan kepada Pemohon untuk dilengkapi Jika lengkap, Pemohon/calon Penerima Layanan dapat langsung mendapatkan pelayanan.

3.     Petugas Posbakum memberikan layanan Posbakum Pengadilan. Apabila penerima layanan Posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas Posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan.

4.     Petugas Posbakum mengisi, memeriksa kelengkapan isian dan meminta tandatangani Penerima Layanan Posbakum Pengadilan pada formulir permohonan layanan dan Surat pernyataan telah menerima layanan.

 

Formulir Permohonan Layanan Posbakum

Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara

Surat Pernyataan Telah Menerima Layanan Posbakum

Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum

 

Kirim Formulir Permohonan Layanan Posbakum, Formulir Permohonan Pembebasan Biaya Perkara, Formulir Pengaduan/Penyampaian Keluhan Layanan Posbakum ke email posbakum@ptun-samarinda.go.id

Untuk kelengkapan berkas permohonan agar diserahkan langsung ke Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda

Jam Kerja Petugas POSBAKUM Pengadilan Tata Usaha Negara Samarinda:

 

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (Pukul 09.00 - 12.00 WITA)

SOP Kepaniteraan

SOP Kepaniteraan Perkara

SOP Kepaniteraan Hukum

SOP Sub Bag. Umum dan Keuangan

SOP Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana

SOP Sub Bag. Perencanaan, TI, dan Pelaporan

 DETAIL REGISTER PERKARA

 

No. Perkara

:

27/G/2012/PTUN.SMD

Tanggal Gugatan

:

08/10/2012

Tanggal Pendaftaran Perkara

:

08/10/2012

Tanggal Perbaikan Gugatan

 

-

 

 

 

Klasifikasi

:

PERTANAHAN

Acara

:

BIASA

 

 

 

Tgl. Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

23/10/2012 

Nomor Penetapan Penunjukan Majelis Hakim

:

27/PEN/2012/PTUN.SMD

Majelis Hakim

 

 

-       Ketua Majelis

:

ARUM PRATIWI MAYANGSARI, S.H.

-       Hakim Anggota I

:

BAGUS DARMAWAN, S.H., M.H.

-       Hakim Anggota II

:

M. FERRY IRAWAN, S.H.

 

 

 

Panitera Pengganti

:

SURIANSYAH, S.H.

 

 

 

Penggugat

:

PT BOURBON LOGISTICS INDONESIA

Kuasa Hukum

:

IGNATIA KASIARTATI, S.H. & REKAN

 

 

 

Tergugat

:

1. CAMAT MUARA JAWA

2. LURAH TAMA POLE

 

 

 

Obyek Gugatan

:

 

-

Tahapan Sidang

:

 

- 06/11/2012  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 13/11/2012  PEMERIKSAAN PERSIAPAN

- 20/11/2012  PEMBACAAN SIKAP MAJELIS (CABUT)

 

 

 

Tanggal Putusan

:

20/11/2012 (CABUT)

 

 

 

Amar Putusan

:

 

 

 

 

 

Upaya Hukum

:

INKRACHT 

INKRACHT

07/01/2013 

 Klik disini untuk melihat Direktori Putusan Tahun 2013